Pages

Senin, 05 Desember 2011

cara menghindari serangan metasploit framework

Menurut penjelasan dari situsnya http://www.metasploit.com/framework/, framework merupakan sebuah plartform pengembangan/Developer untuk membuat tool keamanan dan exploit, software ini bersifat open source.
Metasploit memiliki berbagai exploit untuk menlakukan penetrate ke dalam komputer orang lain, dan software ini sering digunakan untuk menyusup ke jaringan orang lain, meskipun tujuan deveopernya untuk keamanan, tapi exploit2nya rata2 berisi perintah penetrasi.
 jika ada seorang yang menguasai software ini si suatu jaringan maka akan terjadi klow saya menyebutnya(kiamat kecil)
Dikarenakan bahayanya software ini jika disalah gunakan saya memiliki tips untuk menghindari serangan mertasploit framework ini setidaknya untuk attacker pemula,

  1.  Lakukan update secara berkala sistem firewall Anda.Firewall sangat ampuh, bahkan program cain&abel atau Netcut yangbisa menyusup secara diam-diam akan kalah melawan firewall yang selalu dioperbarui(update) dengan baik, begitu juga dengan exploit framework. namunvariasi serangan framework mampu meruntuhkan firewall,
  2. Install program anti executable pada komputer anda, dengan proram tersebut, maka komputer kklien tidak dapat menginstall tool atau aplikasi penyerang, namun hal ini hanya bisa dirterapkan pada jaringan kabel.
  3. Blokir write acces pada sharedoc
  4. Serangan diatas tidak luput dari DOS. untuk itu tutup akses DOr melalui registry dengan cara:HKEY_CURRENT_USER>Software>Microsoft>windows>Current Version>Polices    , Buat key dengan nama WinOldApp, lalu tambahkan DWORD baru denganb values=0. Jika nantinya anda ingin mengaktifkan kembali, maka ubah DWORD menjadi 1. Lakukan pada semua komputerdalam jaringan kabel anda.Cara seperti ini akan meminimalisir serangan seorang pemula.
  5. Pantau seluruh aktivitas klien anda(bila di warnet). blokir akses bila ada yang mencoba melakuikan hal-hal yang merugikan(hanya bisa dilakukan pada jaringan kabel)
  6. untuk pengguna hotspot, yang bisa anda lakukan selain beberapa cara diatas, adalah berhati-hati, karena kebanyakan jaringan hotspot gratis, tidak dienskripsi untuk keamanan.
  7. sebaiknya anda gunakan OS opensource seperti Linuk, karna hingga saat ini(2011)  linuk merupakan salah satu software anti malware dan soyware terbaik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons