Pages

Sabtu, 24 Desember 2011

Panduan Optimasi Blog Untuk Marketing

Coba anda lihat website corporate milik perusahaan -perusahaan besar, pasti anda melihat ada bagian blog disana. Tergantung kepada skala perusahaan tersebut, kadang jumlah blog  yang aada tidak hanya satu saja. Bahkan perusahaan-perusahaan besar di indonesia juga mulai memanfaatkan blog miliknya sendiri atau millik orang lain yang di bayar sebagai reviewer produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya HP (hawlett packard) yagn sering mempromosikan printer dan scanner terbarunya dengan cara meminta bantuan blogger indonesia untuk membuat review-nya. itu juga yang dilakukan oleh Toyota ketika me-launch produk mobil hibrid pertama prius di indonesia.

Ada alasan kenapa blog semakin sering digunakan oleh para perusahaan besar ataupun kecil, untuk mengakomodasi keperluan marketingnya. Sebabnya antara lain karena blog kini telah menjadi bentuk media digital interaktif yang sedang booming dan juga karena bisnis menemukan media yang cocok untuk keperluan marketingyang selama ini dicarinya. Blog adalah tool impian para marketer yang memungkinkan dibentuknya hubungan yang intin dan personal antara perusahaan dan konsumen. Dimana selama ini, perusahaan merasa bahwa pesan-pesan marketing yang dirilisnya terlalu umum atau kurang personal.

Blog merupakan media komunikasi, karena itu blog perusahaan anda harus memiliki suasana yang prokomunitas dan karenanya bahasanya pun harus semi nonformal dan secara akurat merefleksikan spirit dan image yang ingin anda kembangkan dimata pelanggan bisnis.

jika post di blog terlalu transparan, dan hanya memindahkanbrosur ke blog, maka ini ciri blog marketing yang gagal. blog bukan cuman buat tempat untuk menampilkan brosur secara online, namun yang terpenting adalah adanya komunikasi dua arah antara blogger(yaitu perusahaan) dan konsumen.

Jika blog terlalu kaku dan tidak menghadirkan percakapan dua arah, maka pelanggan akan tidak menganggap  blog tersebut. ini juga disebabkan karena pelanggan di zaman sekarang ini kebanyakan lebih sibuk dibandingkan kondisi pelanggan beberapa tahun ke belakang.

Blog marketing yang efektif dapat memberikan banyak manfaat seperti:
  • menambah jumlah kunjungan ke website utama
  • meningkatkan jumlah penjualan
  • menambah income dengan menjual slot iklan diblog
  • tool bagus untuk customer service
Intinya ada beberapa trik yang dapat anad gunakan untuk mengoptimalkan blog:
  1. Buat blog yang personal: ini karena blog berbeda dengan website lain. dengan blog anda bisa menuliskan post sesuai keinginan anda.Dan anda harus memastikan pelanggan bahwa ada orang yang ada dibalik blog, dan bukan cuman pesan yang kaku dan humanis. Tambahkan sentuhan personal dalam blog.
  2. Tingkatkan customer service anda:blog bisa dipakai sebagai media untuk tanya jawab, karena itublog bisadijadikan media dimana pelanggan bisa bertanya secara interaktif. Izinkan pelanggan untuk mengirim pertanyaan, dan anda atau tim anda kemudian menjawabnya
  3. Memberi informasi kepada target pasar: Blog bisa menjadi media yang memungkinkan anda untuk menampilkan informasi secara interaktif, sehingga pembeli potensial yang belum menjadi pelanggan pun bisa melihatnya dan diharapkan bisa membangun brand image dari produk sehingga mereka suatu saat bisa menjadi pembeli anda yang royal.
  4. Menambah traffic ke website utama: Dengan blog, pengunjung bisa mengklik link yang menuju ke website utama, atau website khusus untuk jual beli e-commerce. Dengan demikian, blog bisa menjadi tool yang menarikorang yang kemudian di redirect ke website lain melalui link atau speciall offer.
  5. Membangun Kredibilitas: blog membuat usaha anda dianggap kredibel pada bidang yang digeluti dan meneguhkan klaim bahwa anda memang pakar di bidang tersebut. Syaratnya posting dilakukan secara kontinudan isinya objektif.
  6. Mempromosikan barang atau jasa: ini jelas karena anda sebenarnya menjual produk di blog yang anda buat tersebut
  7. Menghasilkan penghasilan tambahan: Sekarang muncul banyak program untuk memonetize blog, seperti google adsense, ini membuat anda dapat menghasilkan duit tambahan dari blog anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCPenney Coupons